Kamis, 21 Januari 2010


Cara menghilangkan rasa gugup saat presentasi

AddThis

Ketika qta ditunjuk untuk presentasi dalam waktu yang tak terduga, atau waktu yang cukup singkat pasti qta akan merasa gugup dan bertanya-tanya tentang kesiapan diri qta. Itu perasaan yang wajar, saya yakin hampir semua orang pernah merasakan itu semua, namun ada beberapa orang yang memiliki cara untuk mengatasinya.

Diane DiResta menulis di buku Knockout Presentations bahwa ia pernah mengalami keraguan serupa. Saat itu, ia harus berbicara mengenai teknik presentasi di hadapan para pembicara profesional, yang tergabung dalam National Speaker Association. Saking gugupnya, ia sering memeriksa kembali busananya, takut salah mengancingkan.

Namun kegugupannya mendadak hilang saat ia menyadari satu hal: ia terjebak dalam pola pikir yang salah. Ia terlalu sibuk memikirkan bagaimana membuat hadirinnya terkagum-kagum. Teknik apa yang harus ia lakukan. Kata-kata apa yang harus diucapkan.

Justru karena itulah ia melupakan bahwa ia hadir untuk berbagi sesuatu: karakter dan pengalaman pribadinya yang unik. Semua orang yang hadir adalah pembicara sukses dan berpengalaman. Namun masing-masing memiliki karakteristik unik. Dan sebagaimana dirinya, mereka adalah orang-orang yang selalu berkeinginan belajar. Mereka ingin mendapatkan sesuatu dari sesi ini. Dan itu hanya bisa mereka dapatkan kalau Diane bertujuan untuk berbagi. Bukan untuk membuat kagum.

Dari sini qta bisa ambil kesimpulan, bahwa presentasi dinilai bagaimana qta bisa mengajak pendengar untuk mengikuti dan mengerti maksud qta.

Untuk aq sendiri kalau menghilangkan perasaan gugup biasanya dengan :

  1. Baca situasi sekeliling anda, cobalah bersahabat dengan pendengar
  2. Tarik nafas secara teratur sebelum memulai
  3. Berdoa menurut kepercayaanmu sendiri
  4. Berbicaralah “tenang – jelas – sistimatis”
  5. Rasa percaya pada diri sendiri, bahwa yang anda telah persiapkan “Oke”
  6. Yakin bahwa anda menguasai presentasi anda
  7. siap menghadap pertanyaan dan sugesti, baik positif maupun negatif
  8. Motto “Apapun yang terjadi hari ini, besok adalah hari lain”
  9. Seperti apapun presentasi qta tak mampu mebela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar